Profile

Join date: Sep 24, 2022

About

10 Tempat Monumental di Indonesia Saksi Kemerdekaan Indonesia



Tempat monumental di Indonesiaia banyak dan tentu saja bagus sekali untuk didatangi dan didalami. Dengan berkunjung sekalian pelajari sejarah-sejarah dan bangunannya yang berada di Indonesia, memiliki arti kita telah berperan serta dalam melestarikan sejarah-sejarah itu. Ada banyak rekreasi riwayat yang dapat Anda datangi untuk menambahkan wacana dan famili dan keluarga. Berkunjung dan pelajari rekreasi riwayat Indonesia tentu saja benar-benar baik untuk pembelajaran, khususnya untuk anak-anak supaya memberikan nilai nasionalisme di pada diri mereka seperti Wisata Museum.Berikut ialah Tempat Monumental Jadi Saksi Kemerdekaan RI :


1. Lawang Sewu (Semarang)

Nama Lawang Sewu tentu saja tidak asing dalam telinga warga Indonesia. Gedung monumental ini berada di Semarang, Jawa tengah. Pada periode itu, yakni sekitaran tahun 1904 gedung ini dibuat dan usai di tahun 1907. Lawang Sewu dahulunya sebagai kantor untuk Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau yang umum dikenali sebagai NIS. Gedung ini berada di Bundaran Tugu Muda.


Sebelumnya, aktivitas administrasi dilaksanakan di kantor Stasiun Semarang NIS. Tetapi, dengan pertambahan waktu menyebabkan perubahan lajur kereta di Semarang jadi makin cepat dan menyebabkan pertambahan keperluan akan personel tehnis dan tenaga administrasi yang semakin besar hingga kantor NIS dipandang tak lagi mencukupi. Hal inilah yang selanjutnya membuat Belanda sewa beberapa bangunan untuk jadi kantor NIS. Sesudah melalui beberapa pemikiran, pada akhirnya dibuatlah Lawang Sewu yang pada akhirnya jadi kantor pusat NIS yang luas dan mencukupi.


2. Benteng Rotterdam (Makassar)

Benteng Rotterdam atau seringkali dikenali sebagai Benteng Ujung Pandang sebagai benteng monumental warisan dari Kerajaan Gowa-Tallo. Benteng ini dibuat di tahun 1545 dengan seorang raja yakni Raja Gowa kesembilan. Benteng ini jadi saksi bisu dalam kemerdekaan Bangsa Indonesia dalam menantang Belanda pada periode itu.


Pada awalnya, benteng ini dibuat dengan konstruksi tanah liat, dan baru saat pada periode pemerintah Raja Gowa ke-14, benteng ini diperbaiki ulangi dan dibangunan dengan memakai bahan konstruksi batu padas yang dari Pegunungan Karst. Benteng ini mempunyai wujud yang unik, yakni seperti penyu yang seperti mau merayap menuruni laut. Ini jadi filosofi tertentu yang diartikan dengan Kerajaan Gowa yang hendak masih tetap berjaya di darat dan laut. Selanjutnya, Belanda tempati benteng ini dan menukar namanya jadi Benteng Fort Rotterdam untuk kenang kembali wilayah kelahiran beberapa penjajah pada periode itu, yakni Belanda. Benteng ini selanjutnya jadi pusat tempat penampungan rempah-rempah wilayah Indonesia timur.


3. Benteng Vredeburg (Yogyakarta)

Benteng Vredeburg ini berada di Yogyakarta dan erat hubungannya dengan Kasultanan Yogyakarta dan perjuangan warga dalam memerdekakan Indonesia. Pertama kali pembangun benteng ini ialah diusulkan oleh faksi Belanda. Faksi Belanda perkembangan kraton Yogyakarta yang makin cepat dan rupanya mereka ingin mengatur dan kuasai pemerintah Yogyakarta pada periode itu.


Belanda selanjutnya membikinkan benteng dekat kraton dengan argumen agar jaga keamanan kraton dan sekelilingnya. Walau sebenarnya, benteng itu dipakai menjadi tempat supaya bisa mengatur Kraton Yogyakarta dan semua perubahannya baik di dalam atau diluarnya. Letak dari benteng ini cuman satu jarak tembak meriam dari kraton dan menghadap ke jalan khusus supaya Belanda gampang untuk memantau, membuat taktik, dan serang faksi kraton. Hingga, benteng ini juga digunakan oleh Belanda untuk mengantisipasi saat Kraton akan lakukan serangan.


4. Taman Sari (Yogyakarta)

Taman Sari sebagai salah satunya tempat wisata riwayat menarik yang lain di Indonesia yang pantas Anda datangi. Taman Sari yang berada di Yogyakarta sebagai sisa kebun istana Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dibuat di tahun 1758-1765 pada jaman pemerintah Sultan Hamengku Buwono I dan menjadikan kebun atau taman terluas yang berada di Yogyakarta. Taman ini diperlengkapi dengan gedung, jembatan, kolam pemandian, saluran, lorong bawah air, dan ada banyak kembali. Taman Sari dibuat menjadi benteng pertahanan istana jika terserang oleh beberapa penjajah. Taman ini seringkali jadi tempat untuk peristirahatan kereta-kereta kuda kerajaan.


5. Jam Gadang (Padang)

Siapakah yang tidak pernah dengar nama Jam Gadang? Tentunya tidak asing karena sebagai tempat wisata riwayat terkenal yang berada di Padang, Sumatera Barat. Hal ini jadikan Jam Gadang jadi icon dari wilayah Sumatera Barat karena keunikannya dan nilai riwayat yang paling kental. Jam Gadang usai dibuat di tahun 1926 dan mempunyai tinggi 26 mtr.. Jam Gadang sebagai salah satunya hadiah dari Ratu Belanda untuk Rook Maker, yakni salah satunya sekretaris kota Bukittinggi saat periode pemerintah Hindia-Belanda.


6. Mushola Raya Baiturrahman (Aceh)

Mushola Raya Baiturrahman sebuah mushola yang disebut warisan dari Kesultanan Aceh yang dibuat di tahun 1022 H oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Mushola ini jadi saksi bisu perjuangan warga Indonesia saat faksi Belanda mengumumkan perang dan menantang Kesultanan Aceh dengan melepas meriam ke dataran Aceh dengan memakai kapal perang Citadel Van Antwerpen.


Di tahun 1873, Belanda kuasai Mushola Raya Baiturrahman. Namun, faksi Kesultanan Aceh lakukan perlawanan dan memenangi pertarungan itu dengan menaklukkan pasukan Belanda yang dipegang oleh Johan Harmen Rudolf Kohler yang bawa 3.198. Kesultanan Aceh memenangi peperangan itu dan sukses merampas kembali apa yang telah Belanda mengambil.


7. Istana Maimun (Medan)

Medan mempunyai salah satunya tempat monumental di Indonesia yang memikat buat didatangi, yakni Istana Maimun. Istana Maimun sebagai istana kebesaran untuk Kerajaan Deli yang dikuasai dengan warna kuning yang disebut warna kebesaran ciri khas Kerajaan Melayu. Istana ini sebagai salah satunya icon untuk kota Medan, Sumatera Utara. Pada pembangunannya, istana ini direncanakan dengan seorang arsitektur asal Italia dan dibuat oleh Sultan Deli, yakni Sultan Mahmud Al-Rasyid yang memerlukan waktu pembangunan sepuluh tahun lama waktunya (1881-1991).


Koleksi Museum Sisa Hartaku ini ada meriam legendaris, yakni Meriam Buntung. Istana Maimun selalu menjadi satu diantara tempat wisata riwayat menarik di Medan bukan karena hanya nilai sejarahnya saja, tetapi beberapa orang yang kagum pada design interior dan eksteriornya yang unik dan benar-benar sebagai wakil kebudayaan Melayu dengan adopsi style Islam, India, Italia, dan Spanyol.


8. Gedung Sate (Bandung)

Gedung Sate sebagai salah satunya tempat monumental di Indonesia yang berada di Bandung, Jawa Barat. Gedung ini mempunyai kekhasan karena dipucuk menaranya ada ornament yang seperti tusuk sate. Arsitektur gedung ini dibuat oleh Ir. K. Gerber yang disebut salah satunya saran dari arsitek-arsitek Belanda hingga memiliki nuansa arsitektur yang unik dari Hindia-Belanda.


9. Mushola Istiqlal (Jakarta)

Bangunan mushola yang paling kental akan nilai riwayat di Indonesia satu diantaranya ialah Mushola Istiqlal yang berada di Jakarta. Mushola ini diprakarsai pembangunannya oleh Ir. Soekarno dan memulai dibuat di tanggal 24 Agustus 1951 dengan seorang arsitek Frederich Silaban yang beragama Kristen Protestan. Bangunan ini jadi riwayat kemerdekaan RI.


10. Gereja Katedral (Jakarta)

Bangunan beribadah ini menjadi satu diantara tempat monumental di Indonesia dengan design arsitektur yang elok. Bangunan ini berdiri dengan kuat di Jakarta dan sah dipakai di tahun 1901. Letak dari Gereja Katedral ini tidak jauh dari Mushola Istiqlal. Karena jumlahnya nilai riwayat yang ada di dalamnya, membuat bangunan ini menjadi satu diantara Rekreasi Riwayat di Indonesia yang memikat.

C
Claire Russell

Claire Russell

More actions